Mulai seri ini, saya mencoba untuk sedikit bercerita pengalaman saya beberapa waktu yang lalu melakukan perjalanan ke beberapa negara Eropa. Bagian ini akan coba saya ceritakan bagaimana persiapan perjalanan tersebut. Selamat membaca.

Persiapan Tour Ke Luar Negeri

Schengen visa (Dok:google.com)Melakukan perjalanan ke luar negeri dalam rangka liburan, apalagi ke Eropa, tidak sesederhana seperti yang dibayangkan. Yang dipersiapkan bukan hanya masalah uang, tapi juga membereskan urusan kantor lebih dahulu, selain soal pilihan negara dan waktu. Perjalanan yang akan diceritakan ini dirancang sejak setahun lalu, jadi di awal tahun lalu pula kami sudah menyisihkan uang bulan demi bulan.

Tahun lalu kami sudah memutuskan untuk tahun ini jalan-jalan ke Eropa, maka mulailah tahun lalu sepulang dari NZ kami menabung, menyisihkan sebagian penghasilan, memperketat pengeluaran, bahkan menunda pembelian yang dianggap tidak sangat diperlukan.

Mengenai lokasi yang dituju dan lamanya perjalanan cukup bimbang kami memilihnya. Paket yang ditawarkan bervariasi untuk lamanya waktu dan negara/kota mana yang dikunjungi. Ada paket yang hanya 7 hari (termasuk 2 hari di perjalanan), tapi ada juga yang sampai 20 hari. Ada travel agen yang menawarkan untuk jalan-jalan ke hanya 2 negara, misal  Inggris & Scotland, atau Spain & Portugal, tapi mengunjungi 8 kota; ada juga yang menawarkan hingga 8 negara, tapi hanya di 8 kota.

Untuk lokasi tujuan, travel agen ada yang menawarkan ke Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Tengah, atau ke negara-negara Skandinavia. Untuk yang ke negara Skandinavia mahal, rata-rata ditawarkan sekitar USD 4.000 lebih.  Tour ke Eropa Barat, Timur, atau Tengah atau campuran negara-negara di Eropa, ditawarkan sekitar USD 2.000 sd USD 2.500 untuk 10 sd 15 hari, itu pun untuk keberangkatan di sekitar tengah tahun.

Mengenai waktu lain lagi. Apa mau berangkat di sekitar awal tahun, tengah tahun atau akhir tahun ? Di awal tahun nggak mungkin karena pak Abink & kelg balik ke Indo, di tengah tahun biasanya kerjaan di kantor numpuk dan saat musim liburan sekitar Juni/Juli biasanya paket tour naik antara 25 % sd 35 %, di akhir tahun …. hiiii dingiiiiin. Waktu di Christchurch yang sekitar 8 sd 12 derajat aja (kulit) nggak tahan, langsung  keluar bintul-bintul (beliman), gatal lagi.

Setelah timbang sana sini, e-mail sana sini, baca iklan sana sini, akhirnya pada sekitar awal bulan Maret lalu kami putuskan berangkat sekitar bulan Mei, hitung-hitung sebagai hadiah Ultah (habis nggak ada yang ngadoi). Negara tujuan adalah Eropa Barat karena Kunthi tahun lalu sudah ke Eropa Timur. Lalu kami pilih tour operatornya: Bayu Buana yang sudah dikenal luas dan perusahaan publik. Paket yang diambil adalah West Europe Saver 13D, mengunjungi Italia – Swiss – Jerman – Belanda – Belgia – Perancis,  dengan pesawat Turkish Airlines keberangkatan tanggal 10 Mei 2011.

Mulailah kami memenuhi segala persyaratan, mulai dari mempersiapkan permohonan cuti panjang, memberesi surat-surat dan salinan akta serta pekerjaan lain yang tertunda, menyiapkan surat sponsor, surat  referensi bank, sampai menghubungi para relasi dan menunjuk Notaris Pengganti. Mulai awal Maret pula kami memohon visa untuk negara-negara Schengen via kedutaan Prancis.

Namun satu hal yang masih jadi ganjelan, Adheku ujiannya apa berhasil atau nggak ? Kalo lulus, bagaimana dengan persiapan mencari perguruan tingginya ?

(Bersambung ke part 2)