Rute: Banjar – ( S-Hatta – Changi – Kemal Attaturk Airport) – Roma

Karena terbiasa, maka pada hari kedua ini di pesawat kita rame-rame gosok gigi, cuci muka, bahkan ada peserta tour yang ganti baju. Dalam tas tenteng kita sudah siapkan sikat gigi, odol, sandal, jaket, kaos kaki tebal. Semua itu untuk mengantisipasi perjalanan panjang di pesawat.

Banjar – ( S-Hatta – Changi – Kemal Attaturk Airport) – Roma Sub judulnya aneh kan, nggak ditulis Jakarta, Singapore atau Istanbul ! Tapi itulah kenyataannya, karena perjalanan hari itu hanya transit di bandara saja, tidak masuk kota. Inilah ceritanya. …Beberapa hari sebelum 10 Mei 2011, hari keberangkatan kami ke Eropa Barat, kami resah.

Mendekati hari keberangkatan kok belum ada kabar visa yang diajukan via kedubes Prancis dan Italy, sudah dapat atau belum. Tapi pihak Bayu Buana selalu mengatakan tenang saja, tidak jarang kata mereka sehari menjelang keberangkatan visa baru diterima. Sementara itu di awal Mei kami sudah sibuk memilih baju atau jaket dan kelengkapan yang akan dibawa. Obat-obatan juga sudah disiapkan, mulai dari obat sakit perut, obat alergi, obat anti mabok, sampai obat kalo vertigo kambuh, termasuk obat tetes mata dan obat kalo susah buang air.

Rencana semula berangkat ke Jakarta tanggal 9 Mei, tapi setelah berunding dan berdebat cukup lama dengan bu Kunthi, maka diputuskan berangkat dari Bjm tanggal 10 Mei juga. Dengan Lion pukul 10.00 berangkatlah kami diantar Ade n bude Cucu ke bandara SyamNoor. Sampai di bandara S-Hatta kami langsung check-in (short stay) di Hotel Bandara Jkt. Sorenya, pukul 16.00 kami bergabung dengan grup yang total berjumlah 43 orang, termasuk Fabio (Bio), tour leadernya. Meeting point hanya beberapa langkah dari hotel tempat kami menginap. Pukul 17.00, setelah semua peserta menerima paspor, boarding pass, jadwal perjalanan, kartu imigrasi yang sudah diisi (kami hanya cukup tandatangan), masuklah rombongan kami melalui pemeriksaan imigrasi.

Pukul 19.40 Airbus A330-300 TK 67 Turkish Airlines meninggalkan bandara S-Hatta menuju Istanbul, Turki singgah di Changi airport menjemput penumpang. Satu jam lebih di udara, mendarat di Changi, keluar pesawat, namun 1 jam kemudian masuk pesawat lagi dan TK 67 mengudara menuju Kemal Attaturk Airport. Sebelas jam di udara, mendaratlah di bandara kota Istanbul, transit 3 jam dan transfer pesawat Turkish Airlines TK 1861 yang mengundara pukul 09.00 waktu setempat (4 jam lebih lambat dari WIB) hari Rabu, 11 Mei, kemudian lanjut perjalanan menuju Roma.